TAHUN AJARAN BARU, KERJASAMA ORANGTUA DAN SEKOLAH BENTENGI ANAK DARI BAHAYA NARKOBA

PRAMUKA KECILPersiapan orang tua ketika anak memasuki jenjang sekolah baru tentunya selain perlengkapan dan administrasi sekolah, orang tua juga mempersiapkan bagaimana kesiapan mental anak. Terutama bagi anak yang mau masuk sekolah baru, mental untuk memasuki lingkungan baru. Orang tua juga motivasi kepada anak juga harus dipupuk agar anak memiliki sikap positif terhadap sekolah sehingga mampu beradaptasi dengan pergaulan dilingkungan baru dan dapat memilih pergaulan yang positif.

Terjalinnya hubungan yang baik dan komunikatif antara orang tua dan sekolah dapat mengarahkan para siswa siswi untuk memiliki pola pikir menolak/menghindari penyalahgunaan narkoba. Sekolah merupakan lingkungan kedua setelah lingkungan keluarga. Sehingga Orang tua/Keluarga dan Sekolah mempunyai peran yang sangat besar dalam pengembangan jiwa dan kepribadian anak Dalam upaya mengawasi dan mencegah penyalahgunaan Narkotika di sekolah Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bentengi anak dari bahaya penyalahgunaan Narkoba baik di lingkungan keluarga dan sekolah :

  1. Diciptakannya suasana  belajar mengajar kondusif
  2. Mengintensifkan pendidikan agama dan mengupayakan kegiatan- kegiatan keagamaan yang melibatkan anak.
  3. Mengupayakan tersedianya sarana ibadah dan Perpustakaan/Bahan Bacaan Agama yang mencukupi.
  4. Menyelenggarakan peringatan Hari-Hari Besar agama dengan berbagai kegiatan yang menjadi ajang berekspresi anak.
  5. Anak diberikan motivasi dan contoh teladan terhadap kegiatan keagamaan.
  6. Menyelenggarakan Ekstra Kurikulum yang diisi dengan penyampaian mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba di sekolah.
  7. Diskusi dan pemberian pemahaman bahaya narkoba sesuai dengan tingkat sekolah/usia anak dengan berbagai topik , terkait agama, kesehatan,

Menanamkan rasa memiliki dan bertanggung jawab anak terhadap lingkungan sehingga turut mengawasi dan mewaspadai masuknya pelaku penyalahgunaan Narkoba.