BNNP SULSEL MENYAPA WARGA DI PASAR PA’BAENG BAENG MAKASSAR

Kompleksitas permasalahan Narkoba membuat semua pihak sepakat bahwa menyeimbangkan penanganan demand reduction dan supply reduction merupakan cara yang terbaik. Pemberantasan terhadap para bandar, produsen, pengedar telah dilakukan secara terus menerus oleh aparat penegak hukum. Terbukti diawal Januari tahun 2019 BNNP Sulsel me-release penangkapan terhadap tiga orang tersangka dengan barang bukti 4kg sabu.

Diseminasi Informasi P4GN di Pasar Pa’Baeng Baeng Makassar

Upaya pemutusan jaringan peredaran gelap narkotika harus diimbangi dengan upaya pencegahan agar tidak muncul lagi pengguna baru dan yang sudah terlanjur menjadi pengguna dapat di sembuhkan melalui rehabilitasi. Sehingga penyalahgunaan narkoba dapat ditekan dari dua sisi, sisi pengurangan pasokan narkoba dan sisi permintaan dari pecandu dan pengguna baru.

Pencegahan penyalahgunaan Narkoba ini tak hanya memerlukan partisipasi satu-dua elemen masyarakat, namun mutlak melibatkan seluruh unsur masyarakat.  Oleh karena itu BNN Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan program P4GN dengan menyentuh langsung kepada masyarakat.

Salah satu kegiatan dalam rangka diseminasi informasi P4GN adalah penyuluh terjun langsung ketemu warga yang berada di Pasar Pa’Baeng Baeng. Berdiskusi dengan masyarakat tentang upaya menjaga lingkungan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Selain itu juga memberikan informasi mengenai upaya rehabilitasi bagi yang sudah terlanjur menjadi penyalah guna, dan menegaskan bahwa lapor diri secara sukarela tidak di tuntut pidana.